Printer ukuran besar ini banyak dipergunakan pada bidang advertising dan dekorasi, ada beberapa macam jenis mesin digital printing yang ada, semua memiliki kemampuan tersendiri.

Mayoritas dari brand yang ada untuk large format printer ini di dominasi oleh produk asal China dan Jepang, dengan selisih harga jual yang jauh berbeda, namun dengan kemampuan yang hampir sama.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

Mesin Digital Printing Indoor

Jenis printer indoor ini menggunakan tinta eco solvent, biasanya digunakan untuk print pada bahan seperti sticker, albatros, luster, canvas, dan lainnya, dan dengan hasil cetak yang bagus.

Printhead yang digunakan ada beberapa jenis, seperti:

  • Epson DX5
  • Epson DX7
  • XAAR
  • Toshiba
  • Panasonic
  • DLL

Pada saat ini yang paling banyak digunakan adalah printhead Epson dan XAAR, sedangkan untuk tintanya sendiri menggunakan jenis tinta solvent, lalu ukuran lebar area cetaknya biasanya adalah 1,6 dan 1,8 meter.

Produk asal Jepang dan China yang paling banyak digunakan, untuk brand asal China sendiri pada saat ini lebih disukai, karena harga jual yang relatif lebih murah.

Mesin Digital Printing Outdoor

Mesin digital printing outdoor juga merupakan yang paling banyak digunakan, untuk cetak banner dengan menggunakan bahan flexi, ukuran area cetaknya juga besar, mencapai 3,2 meter.

Tinta dari printer ini menggunakan tinta solvent, sedangkan printheadnya ada banyak macam jenisnya, untuk brand asal China yang paling mayoritas digunakan dibandingkan dengan lainnya.

Printhead yang tersedia pada printer outdoor antara lain:

  • Konica 512
  • Konica 512i
  • Konica 1024
  • XAAR
  • Polaris
  • Ricoh
  • Seiko
  • DLL

Yang menjadi favorite digunakan adalah printer yang menggunakan printhead Konica 512i, karena kecepatannya sendiri lebih baik, serta hasil cetak yang lebih bagus, tetapi dengan harga yang sedikit lebih murah.

Harga tinta solvent dari printer outdoor bervariasi, tergantung dari jenis printheadnya, sebagai contoh untuk yang menggunakan printhead Konica 512i, untuk harga 1 galon yang berisi 5 liter adalah 670 ribu.

Mesin Digital Printing Sublimasi

Printer sublimasi berbeda sendiri, karena khusus digunakan hanya pada bahan kain, dan bahan kainnya sendiri hanya yang mengandur unsur Polyester atau PE saja, tidak dapat untuk print pada bahan katun.

Pada prosesnya juga tidak dapat langsung untuk print pada bahan kain tersebut, tetapi menggunakan metode transfer paper, jadi melakukan dua kali proses kerja, dengan dua mesin yang berbeda juga.

Transfer paper di print menggunakan mesin digital printing sublimasi ini, lalu kemudian di press menggunakan mesin hotpress pada bahan kain yang ingin di cetak, jadi memang memerlukan dua kali proses kerja.

Mesin Digital Printing UV

Mesin digital printing UV kemampuannya jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis lainnya, terutama dari segi hasil cetak serta bahan yang dapat di print, berbeda sendiri dari jenis lainnya.

Printer UV sendiri ada 2 jenis, yaitu flatbed dan roll to roll, berbeda secara fisik dan dan bahan yang dapat di cetak, namun dari segi harga jual memang juga jauh berbeda.

Untuk jenis roll dari segi fisik mirip seperti printer indoor, namun akan terlihat berbeda ketika melakukan proses print, karena ada lampu uv yang terdapat pada mesin tersebut.

UV roll ini dapat digunakan untuk print pada bahan mika, canvas, wallpaper, sticker, ataupun jenis bahan lain apabila menginginkan hasil cetak yang lebih bagus, dan ada tipe yang sudah dilengkapi dengan tinta putih.

Lalu kalau untuk jenis flatbed, dari segi fisik akan terlihat bedanya, karena berbentuk datar seperti meja, fiturnya sendiri juga lebih lengkap dibandingkan dengan uV roll to roll.

Bahan tebal dan datar seperti kaca bisa di print dengan mudah, bisa juga untuk melakukan print pada bahan acrylic, kayu, hpl, keramik, dan banyak jenis bahan lainnya.

Untuk jenis flatbed ini juga ada yang sudah dilengkapi dengan varnish, jadi tidak hanya ada tinta putih saja, sehingga lebih lengkap dibandingkan dengan jenis roll.